Pages

Labels

Minggu, 30 September 2012

Latihan Padus Panwis 2012

Apdet adpet.... Daripada apdet di fesbuk cuma muat beberapa biji kalimat, mending apdet di blog, bisa nggombal ampe puas. Hmm....

Hari ini.... Capek. Huo~~~ Tadi pagi ada latihan gabungan buat persiapan Wisuda STAN 2012. Dan.... ini adalah kali pertama kelompok paduan suara melaksanakan peran aslinya sebagai choir di latihan gabungan. Di dua latgab sebelumnya, kami hadir tanpa bernyanyi satu lagu pun, hanya datang untuk berperan sebagai 'pelengkap' doang; ada yang pura-pura jadi wisudawan, ada yang jadi orang tua, pendamping tambahan, dll. Seneng banget lah kami, sampe-sampe kumpul pukul 7.00 udah pada kumpul di Gedung Student Center, padahal latihan baru dijadwalkan mulai pukul 8.00. Kenyataannya, pukul 09.00 baru dimulai. Huo~~~

Sembari nunggu perlengkapan ditata, kami berbaris untuk pemanasan suara. Dan.... Aku udah ga kaget kalau di ruangan gede yang tidak dirancang untuk pertunjukan musik akustik, orang nyanyi tanpa sound system memadai hanya kedengeran angin-angin doang. Mau teriak ntar suaranya jadi harsh, kaga teriak kaga kedengeran, nyanyi suka-suka aja lah.... Jadi agak gimana gitu karena di luar latgab, kami selalu latihan di ruangan yang akustiknya cukup bagus.

Yang bikin aga deg-degan, ini pertama kalinya kami nyanyi diiringi musik beneran. Di latihan padus sebelum-sebelumnya, kami lebih fokus ke kontrol nada dan blending, sehingga pelatih kami, Kak Anne, tidak pernah mengiringi kami bernyanyi. Pelatih satu lagi, Kak Bimo, pernah mengiringi menggunakan musik dasarnya, namun hanya untuk lagu-lagu yang ia aransemen saja. Nah, hari ini semua lagu yang non acapella diiringi full musik. Pemusiknya didatengin semua. Ada bassist, drummer, juga violinist. Kak Bimo yang sebetulnya main keyboard, sesekali merangkap jadi konduktor karena Kak Anne berhalangan hadir.

Nah, yang paling hot, hari ini Kak Bimo mengatur barisan kami. Dan... kira-kira seperti ini denah barisan paduan suara. Posisiku adalah di lingkaran biru yang ada glow-nya warna merah jambu.
Awalnya aku ingin teriak "Huye.... Gue dapet posisi tengah! Asik asik asik...!" Tapi, setelah pengamatan yang cermat, mak DHUENG! Kananku ada Mike, dia bas. Depan ada Indah sama Dita, mereka sopran. Sebelah kiri ada Healthy yang juga sopran. Belakang ada tenor, kalau ga salah Toffel sama Wahyu. Anak-anak bas yang lain pada ngumpul di pojokan belakang. Huo~~~ Gue terpencil! Selama ini kan kalau latihan aku suka berada di tengah-tengah anak bas yang lain buat belajar blending.

Jujur, setengah hatiku merasa senang karena sebetulnya posisiku strategis. Di posisi ini, aku bisa ngedengerin sopran sama tenor cukup jelas, plus alto meski sayup-sayup. Untuk lagu-lagu yang cukup lancar kunyanyikan, aku bisa sekalian mempelajari alur harmoninya, sehingga kalau ntar ilang nada, bisa langsung auto-harmonize. Setengah hatiku lagi, rasanya sepet karena ada beberapa lagu yang belum bisa kunyanyikan lancar, masih meraba-raba. Satu-satunya tumpuanku adalah Mike yang tepat di sebelah kananku, tapi suara tenor di belakangku keras banget, basnya jadi sayup-sayup juga. Tadi di lagu apaan gitu, tanpa sadar aku malah ngikutin tenor. Waktu dengerin Mike, loh, kok beda? Tolol abis lah rasanya.

Bagiku yang paling bikin pusing adalah sulitnya saling mendengarkan. Suara orang nyanyi kaya ilang ditilep angin, padahal tenggorokan rasanya udah kering gara-gara ngerasin suara. Jangankan ngedengerin orang lain, suara sendiri aja susah kedengaran. Apalagi bas, nada di bawah C3 tuh rasanya kaya ga ada. Lagu Gaudeamus Igitur aja yang nada akhir bait ada di A2, cuma terasa di tenggorokan getar, tapi ga kedengeran sama sekali sebelum sopran sama tenor diem. Jadi tiap bait kupanjangin dikit untuk memastikan suaraku beneran keluar dan ga salah nada.

Tadi di lagu lain, nada terakhir bas ada di E2. Hm.... Dalam keadaan yang mendukung, artinya aku lagi sehat, ada di ruangan yang akustiknya bagus, E2 bukan masalah yang material. Tapi, dalam keadaan tenggorokan udah capek dan cepet kering, suara angin-angin, aku udah ga yakin nembak E2. Kalaupun ketembak, rasanya suaranya ga nyampe ke barisan depan. Jadilah aku berlaku curang. Kubelokin aja ke E3. Wahaha...! Tapi sebaiknya hal seperti ini tidak diulangi lagi.

Satu per satu lagu kami eksekusi dan hampir semuanya forte selalu. Tadi waktu evaluasi, kami dikomentarin ga ada dinamika. Hahaha...! Ya wis lah, wong kalo ga di-forte susah denger. Tadi aja ada anak alto yang udah berkaca-kaca karena susah ngedengerin suara sendiri.

Percobaan rundown wisuda berakhir sekitar pukul 13.00. Satu jam kemudian, latihan dilanjutkan dengan praktik alur penyambutan dan registrasi. Padus kembali dapet bagian jadi wisudawan dkk. Bagian latgab yang paling membosankan. Untungnya pukul 17.00 udah kelar. Huo~~~ Langsung cabut pulang.

Eh, tadi sewaktu nulis post ini, rasanya gerah banget. Inget deh kalau ternyata belum mandi sore sejak pulang latgab. Huo~~~ Ntar aku bakalan nulis tentang pengalamanku mandi.

0 komentar:

Posting Komentar