Pages

Labels

Senin, 09 Juni 2014

Aku Telat (Oh, Candle Tree)

Beberapa hari yang lalu waktu main-main ke sawah aku melihat ada candle tree yang sedang berbunga. Udah lama aku pengin punya pohon itu. Tapi karena kulihat belum ada polong kering, itu pohon kutinggal dengan harapan pada kunjungan berikut akan ada polong yang matang.

Sebetulnya sudah sejak SMA aku tahu ada pohon itu di pinggir kali (meski saat itu aku belum tahu namanya). Dulu aku pernah menanam bijinya, tumbuh satu tapi tercabut dan mati. Semenjak kuliah aku jarang nengok ini tanaman.

Meski tumbuh liat di area persawahan, bagiku tanaman Senna alata ini cantik sekali. Tajuknya yang sederhana dengan daun-daun yang tersusun rapi nampak cukup estetis untuk ditanam di halaman rumah. Barisan bunganya yang kuning menjulang cukup eye-catching. Emang sih, baunya bukan jenis yang harum semerbak. Tapi toh dia tetap menarik bagiku.






Waktu kukunjungi lagi, aku sangat terkejut karena apa kulihat sama sekali di luar dugaan. Jangankan polongnya yang dipenuhi biji matang, daunnya aja ga kelihatan! Rupanya tanaman ini udah ditebas sama orang. Pohon yang di utara kali ditebang habis sama sekali tanpa sisa. Yang di selatan masih ada pokoknya. Daun-daun muda baru saja tumbuh. Nunggu berbunga lagi? Lama bingitz cuy. Ya udah deh. Kayaknya emang belum rejeki buat ngedapetin benih kembang gratis. Diikhlaskan saja.

Ini lokasi ngambil gambarnya kurang lebih sama dengan foto pertama dan kedua. Hiks...


*Pst.... Ga sia sia punya hobi sepedahan keliling sawah. Suatu waktu aku main ke sawah lain dan nemu kembang yang sama sedang berbunga lebat! Banyak pula bijinya yang sudah masak. Wah, asyik.... bisa buru-buru menyemai benih nih.... Yeyeye lalalalala....

0 komentar:

Posting Komentar