Pages

Labels

Rabu, 11 Juni 2014

Rangkaian Bunga Seadanya - Daun Insulin

Aku baru nemu kembang cantik di sawah. Awalnya cuma jalan-jalan keliling desa doang, tapi ga disangka malah nemu semak berbunga indah. Sawah yang kukunjungi kali ini terletak di Desa Pojok, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Semak bunganya sendiri tumbuh di tepian tanggul sungai.


Karena posisi semak bunga ada di tanggul yang berseberangan dengan jalan, aku musti turun ke kali buat menyeberang. Untung alirannya lagi kecil, di beberapa tempat bisa dilompati. Lumayan berasa mendaki bukit lewati lembah. Selain naik turun tanggul ada juga jembatan bambu yang bisa dititi. Biar ketinggian dari dasar sungai cuma tiga meter, berjalan di atas jembatan rasanya syerem juga, apalagi kalau jembatannya keriat-keriut.

Bunga ini berwarna kuning cerah. Dari bentuknya, jelas terlihat bahwa ini masuk keluarga bunga komposit/Asteraceae. Masih berkerabat dengan bunga matahari. Wangi bunganya agak-agak mirip dengan bunga cosmos (kenikir) dan tagetes (kembang telekan).


Dari cari-cari info di internet, tanaman ini punya nama Daun Insulin. Keren bingitz! Dalam blog milik Anita Firda, dibilang daun tanaman ini bisa dipake untuk terapi penyembuhan penyakit diabetes. Wow, aku terpesona.
Yang lebih keren lagi, Wiki bilang kalau tanaman yang bernama ilmiah Tithonia diversofolia ini bisa dipakai untuk menyuburkan tanah. Di Afrika sana, tanaman ini jadi pupuk alami buat lahan pertanian. Kabarnya bisa menambah kandungan fosfor. Keren bingitz, meski aku jadi bingung itu tanaman dapat fosfornya dari mana.
Karena bunga menarik, aku petik beberapa kuntum untuk kubawa pulang dan kurangkai di jambangan. Sayang, dalam perjalanan terterpa angin dan sebagian bunga jadi botak karena mahkotanya rontok. Sepertinya bunga ini emang ga cocok jadi bunga potong, dia hanya tahan sehari doang, abis itu layu sejadi-jadinya. Huhuhu.... Dia lebih cantik ditanam di tanah.
Ini bunga tithonia yang kubawa pulang.


Sst, buat kamu-kamu yang jauh dari sawah atau di sawahnya ga ada kembang ini, bisa beli benihnya di Kebun Bibit loh....

0 komentar:

Posting Komentar