Pages

Labels

Jumat, 12 Desember 2014

Dua Hal yang Sering Kuperhatikan Belakangan



Sejak ngekos di daerah Malang sini aku jadi lebih rajin menengok dua hal yang sebelumnya jarang kuperhatikan. Apalagi keadaan di sini agak berbeda dengan rumah maupun kosan lama di Jurang Mangu. Dua hal yang kumaksud adalah meteran listrik dan prakiraan cuaca.
 
Di rumah aku hampir tidak pernah menengok meteran listrik. Soalnya rumahku masih memakai meteran lama yang angkanya musti dicatat petugas secara berkala. Kosan sini sudah memakai meteran baru yang cara kerjanya mirip pulsa hape. Kalau pulsa listriknya lagi habis, putuslah aliran listriknya. Beberapa kali aku sempat mengalami mati listrik. Karena itu aku rajin-rajin nengok meteran untuk memastikan apakah cukup aman untuk menyalakan laptop atau tidak. Sayang laptopnya kalau lagi dinyalain tahu-tahu listriknya jepret.

Selain meteran listrik, aku juga rajin menengok prakiraan cuaca. Di sini, cuaca agak sulit ditebak, apalagi di musim hujan seperti ini. Susah nyari hari yang pas buat nyuci dan jemur pakaian. Apalagi tempat jemur di kosanku letaknya ada di luar, ga ada atapnya. Ga asik banget waktu di kantor lagi kerja, eh turun hujan dan kepikiran jemuran di kosan belum diangkat.

Aku biasa mengunjungi situ accuweather.com. Di sana ada prakiraan cuaca berbagai belahan dunia. Jangkauan akurasi lokasinya kira-kira sekecamatan, jadi lumayan untung-untungan juga mempercayai prakiraannya; satu kecamatan kan luas! Tapi sejauh ini lumayan akurat sih menurutku, meski beberapa ada yang salah juga.

Beberapa kali aku sempat untung-untungan nekat menjemur pakaian di pagi hari meski accuweather bilang bakalan hujan. Tapi itu Cuma kulakukan jika matahari terbit benar-benar cerah. Di sini cuaca cerah saat pagi bisa bertahan hingga tengah hari. Lewat tengah hari itu biasanya mulai turun hujan, kalau emang mau hujan. Lumayan, istirahat masih bisa balik ke kosan buat ngangkat jemuran.

1 komentar: