Pages

Labels

Sabtu, 27 Oktober 2012

Partitur Warna-Warni

Ini adalah kedua kalinya aku mencoba menulis partitur manual. Hm.... Pengalaman pertama kali ga perlu diceritakan ah, bikin malu aja.
Pada dasarnya kali ini aku hanya menulis ulang dari partitur yang udah kubikin pake MuseScore. Tinggal translasi doang, dari not balok ke not angka. Judul lagunya? Rahasia! Kenapa? Ntar juga tahu alasannya....
Ini lho hasilnya.... Ini belum lengkap sih, cuman reff terakhir doang. Hahaha....

Nah, aku ga mau partiturku terlihat biasa-biasa aja, makanya kutulis pake spidol warna-warni. Kan kelihatannya jadi manis dan cantik gitu kalau per baris warnanya beda-beda. Iya ga sih? Atau malah norak? Wis kadhung, kaben.
Kesalahan terbesar yang kulakukan adalah tidak memperhatikan lirik. Ya, waktu nulis di MuseScore, aku enjoy aja masukin not-notnya. Aku ngikut aja ama mood yang ada di pikiran dan sukses bikin ending di C mayor. Oh iya, ini lagu aku tulis pake nada dasar Do = C. Nah, waktu nulis di kertas, sambil inget-inget liriknya, JEGLER! Kalau dibaca mentah, liriknya tuh sedih gitu, kaya mau pasrah. It means lagunya pake nuansa sedih-sedih gitu yang juga berarti harusnya ending di A minor. Kuputer lagi MuseScore dan emang dua bar terakhir G ke C nuansanya mayor banget, padahal liriknya galau-galau gitu. Kuinget-inget musik aslinya, emang sempet masuk ke G, tapi endingnya ke Am. JRENG!!! Yang di MuseScore dipermak dulu, agak bingung sih awalnya, dari G ke F, lalu ke E, masuk Am bisa sih, tapi masih agak kaku kedengaranya, tapi lumayanlah. Yang di kertas? Udah terlanjur ketulis, ya udahlah, buat kenang-kenangan aja. Nah, karena itu liriknya kubikin nge-blur biar ga kebaca. Kalau kebaca kan jadi  ketahuan banget ga nyambung sama nadanya. Tapi dipikir-pikir, dari baca nadanya juga ketahuan ini lagu apaan. Seenggaknya dengan begini menjadi tidak terlalu vulgar. Hehehe....
Kesalahan berikutnya (ini lebih dulu terjadi, tapi seenggaknya nggak separah yang di atas ntu) adalah saat input nada di MuseScore. Mentang-mentang bikin aransemen SATB, terus aku nulisnya dari sopran ke alto, ke tenor, terakhir bas. Karena bas paling akhir, pilihan nadanya jadi tinggal sedikit. Akibatnya, melodi bas jadi kurang variatif. Nah, waktu ngubek-ubek isi laptop, nemu artikel tentang aransemen. Kubaca dan di situ tertulis bahwa urutan bikin melodinya adalah dari cantus firmus (yang bawa melodi utama, dalam hal ini sopran), kemudian bas, baru suara lainnya. Wo, layak, tibakna aku kuwalik.
Kesalahan selanjutnya adalah, aransemen yang kubikin di MuseScore sebetulnya belum lengkap. Lima bar terakhir sebetulnya aku pengin jadiin SSAATTBB. Tapi karena udah ngebet pengin nulis tangan, kutulis aja apa adanya. Akibatnya, tulisannya jadi ga rapi. Baris tenor dan bas makin ke belakang makin ke bawah. Altonya rapi, tapi nadanya parah, dari fi tahu-tahu ke do, njeglek abis.
Kesalahan selanjutnya.... Ini kenapa gue tulis di blog ya? Kesalahan lainnya ada ga ya? Tauk ah, semoga ga ada. Kalaupun ada, sekarang lagi ga inget. Udahan dulu yuk.... Mau pesen tiket buat pulang kampung libur Natal ntar. Yuk....

0 komentar:

Posting Komentar